FREE DOWNLOAD APLIKASI AKUNTANSI EXCEL

Sunday, May 5, 2013

MENGHITUNG GAJI KARYAWAN


Gaji karyawan merupakan sebuah bentuk penghargaan atau balas jasa yang diberikan oleh suatu perusahaan karena sudah bekerja dalam perusahaan tersebut. Gaji karyawan identik dengan hak suatu karyawan karena sudah menjalankan suatu kewajiban yang diberikan oleh perusahaan.

Gaji/ upah karyawan suatu perusahaan biasanya akan diberikan atau dibayarkan per hari, per minggu atau per bulan. Namun kebanyakan gaji karyawan akan di bayar setiap bulannya. Gaji yang dibayar tiap bulan biasanya dikenal dengan UMR ( Upah Minimum Regional ). Besarnya gaji yang dikeluarkan perusahaan harus sesuai standar UMR suatu daerah.

UMR yang ada di Indonesia berbeda – beda dalam suatu daerah. UMR di Jakarta akan berbeda di Surabaya, Bandung atau juga Denpasar. Biasanya semakin maju suatu daerah Upah Minimum Regional nya akan semakin tinggi dan begitu juga sebaliknya.

Selain UMR, biasanya besarnya gaji ditentukan berbagai banyak faktor. Salah satunya adalah tingginya tingkat pendidikan. Karyawan yang berpendidikan strata 1 atau lulusan S1 gajinya akan lebih tinggi dengan yang hanya berlulusan SMA/ SMK/ MA/ Sederajat. Faktor – faktor lainnya yang membedakan antara lain : lama kerja, jabatan, prestasi dan lain sebagainya.

Gaji yang diterimanya tiap bulan biasanya juga berbeda – beda karyawan satu dengan yang lainnya. Hal ini disebabkan karena jumlah absen sakit, kepentingan keluarga atau lainnya. Perusahaan akan memotong gaji setiap karyawannya yang tidak masuk kerja dengan alasan apapun. Adanya jam lembur juga dapat berpengarung dengan besarnya gaji yang diterima per bulannya. Semakin banyak lembur, semakin banyak pula gaji yang akan kita dapat.

Total gaji yang kita terima tiap bulan merupakan gabungan dari gaji pokok + transportasi + uang makan + uang lembur + lain – lain. Biasanya dalam slip gaji bulanan sudah terdapat perincian detilnya. Gaji pokok adalah gaji yang sudah kita sepakati dengan perusahaan saat melakukan test masuk wawancara kerja. Sementara untuk uang lain – lain yang kita dapat berasal dari tunjangan ( THR ), intensif, prestasi atau lainnya.

No comments:

Post a Comment

FREE DOWNLOAD APLIKASI AKUNTANSI EXCEL