FREE DOWNLOAD APLIKASI AKUNTANSI EXCEL

Saturday, April 27, 2013

IDE USAHA MODAL KECIL BUAT YANG KURANG MODAL


Banyak orang yang terbelenggu dan seakan tidak bisa memulai usaha karena persoalan modal. Padahal, kalau kita bisa lebih kreatif dan bisa berfikir out of the box, ternyata banyak sekali jenis usaha yang bisa dicoba hanya dengan modal kecil. Ide usaha modal kecil yang dimaksud antara lain :
1.   Membuka warung seblak
Warung seblak adalah sebuah warung yang menjual seblak. Modal yang dibutuhkan untuk membuka warung seblak hanya sekitar 2 – 5 juta saja, dengan rincian sebagai berikut :

-         Peralatan; Etalase, kompor gas, kursi untuk konsumen, alat masak, blender, spanduk/banner, wadah dan tempat menyimpan bahan seblak.
-         Bahan baku; Kerupuk kemplang, cuankie, makaroni, bumbu masak, cireng, ceker, kwetiau, dan lain lain
Melihat kebutuhan peralatan dan bahan baku di atas bisa dilihat bahwa membuka warung seblak merupakan salah satu ide usaha modal kecil yang bisa dicoba, melihat prospek konsumen seblak ini sangat banyak, mulai dari siswa sekolah, anak anak, sampai orang tua menyukai jajanan seblak ini.
2.   Setting/Desain Komputer
Ide usaha modal kecil selanjutnya adalah membuka jasa setting/desain untuk berbagai kebutuhan percetakan. Yang dibutuhkan hanyalah sebuah perangkat komputer, printer laser dan beberapa perlengkapan. Modal yang dibutuhkan hanya berkisar 5 – 10 juta saja.

Jasa ini banyak dibutuhkan oleh pelaku usaha percetakan, untuk kebutuhan pembuatan undangan, banner/spanduk, merk, hang tag, brosur, catalog, dan lain lain. Jika kita ingin usaha ini lebih berkembang, maka menjalin hubungan baik dengan jasa percetakan akan sangat membantu.

3.   Jasa Pengetikan
Jasa pengetikan pun menjadi salah satu ide usaha modal kecil yang bisa dicoba. Untuk kebutuhan modalnya antara 2-3 juta saja, yaitu untuk membeli komputer dengan sfesifikasi standar, dan printer inkjet biasa. Usaha ini cocok dibuka di sekitar kampus atau sekolah sekolah, mengingat para siswa dan mahasiswa selalu mendapatkan tugas sekolah dan kuliah yang berhubungan dengan pengetikan, seperti makalah, karya tulis, laporan penelitian dan lain lain.

Selain siswanya, guru dan dosen pun kadang tidak punya waktu untuk memenuhi kebutuhannya terhadap hal hal yang berbau pengetikan, seperti laporan pembelajaran, silabus materi kuliah dan lain sebagainya.

Itulah beberapa ide usaha modal kecil yang bisa Anda coba. Silahkan pilih yang lebih tepat dengan kualifikasi dan keterampilan yang Anda miliki, agar hasilnya lebih optimal.
Semoga bermanfaat ya.. !!

No comments:

Post a Comment

FREE DOWNLOAD APLIKASI AKUNTANSI EXCEL