Pelatihan kerja karyawan
harus menjadi sebuah agenda rutin yang dijadwalkan oleh perusahaan, karena
dengan pelatihan yang baik, maka bisa meningkatkan kualitas kerja karyawan yang
bergabung di perusahaan atau instansi yang bersangkutan. Selain itu, tujuan
pelatihan kerja adalah untuk mengingatkan kembali hal hal yang kadang terlupakan
seiring berjalannya waktu, tentang visi dan misi, tujuan awal perusahaan, kinerja
yang diinginkan, kredibilitas karyawan teladan, serta hal baik lainnya yang
bisa mendukung kesuksesan perusahaan.
Umumnya
pelatihan kerja karyawan dilakukan
oleh sebuah lembaga khusus yang menawarkan jasanya. Jadi, perusahaan tidak
perlu repot mempersiapkan materi, melatih seorang trainer, ataupun merancang
acara yang membuat peserta pelatihan antusias saat melaksanakan pelatihan
tersebut, dan mengatur sebuah konsep materi yang bisa dijadikan oleh oleh
selepas pelatihan. Cukup siapkan karyawan yang akan diikutsertakan dalam
pelatihan, kemudian mengubungi lembaga tersebut, membayar biaya yang
ditentukan. Selanjutnya, tinggal serahkan pelaksanaannya kepada lembaga
training / pelatihan tersebut.
Namun,
jangan sembarangan memilih lembaga yang menawarkan pelatihan kerja karyawan! Karena tidak semua memiliki kualifikasi
yang mendukung. Setidaknya, beberapa hal yang harus dimiliki oleh sebuah
lembaga training adalah sebagai berikut :
1. Trainer yang
berpengalaman
Dalam
pelatihan/training, maka peran seorang trainer sangat penting sekali. Pastikan ketahui
dulu siapa yang menjadi trainer dalam pelatihan kerja yang akan dilaksanakan.
Jangan ragu untuk membayar mahal, jika trainer yang disediakan memang memiliki
pengalaman, jam terbang dan kualifikasi yang baik, maka hasilnya pun akan baik
pula.
2. Susunan Acara
Lembaga
training yang baik, harus bisa membuat susunan acara yang berkualitas, tidak
monoton dan bisa membuat peserta pelatihan terus antusias selama mengikutinya.
Tidak akan bermanfaat jika trainer yang dihadirkan bagus, tetapi selama
mengikuti acara, para pesertanya kurang semangat. Alhasil, apa yang diinginkan perusahaan
dari karyawannya seusai pelatihan tidak akan maksimal.
3. Materi Pelatihan
Hal
ini lebih penting lagi dari semuanya, yaitu materi latihan yang disampaikan.
Pada dasarnya perusahaan yang menyewa lembaga pelatihan akan menyerahkan segala
materi, susunan acara dan lain sebagainya kepada lembaga tersebut. Perusahaan
hanya menyampaikan apa yang menjadi tujuannya sehingga mengikutsertakan
karyawan-karyawannya untuk
melakukan pelatihan kerja.
Itulah
beberapa hal yang harus dimiliki oleh lembaga pelatihan jika kebetulan
perusahaan Anda berniat untuk melaksanakan pelatihan
kerja karyawan, dengan tujuan semakin baiknya kinerja dan produktivitas
yang dihasilkan.
No comments:
Post a Comment