FREE DOWNLOAD APLIKASI AKUNTANSI EXCEL

Tuesday, May 7, 2013

PENTINGNYA PELATIHAN KERJA KARYAWAN UNTUK KESUKSESAN PERUSAHAAN


Pelatihan kerja karyawan harus menjadi sebuah agenda rutin yang dijadwalkan oleh perusahaan, karena dengan pelatihan yang baik, maka bisa meningkatkan kualitas kerja karyawan yang bergabung di perusahaan atau instansi yang bersangkutan. Selain itu, tujuan pelatihan kerja adalah untuk mengingatkan kembali hal hal yang kadang terlupakan seiring berjalannya waktu, tentang visi dan misi, tujuan awal perusahaan, kinerja yang diinginkan, kredibilitas karyawan teladan, serta hal baik lainnya yang bisa mendukung kesuksesan perusahaan.
Umumnya pelatihan kerja karyawan dilakukan oleh sebuah lembaga khusus yang menawarkan jasanya. Jadi, perusahaan tidak perlu repot mempersiapkan materi, melatih seorang trainer, ataupun merancang acara yang membuat peserta pelatihan antusias saat melaksanakan pelatihan tersebut, dan mengatur sebuah konsep materi yang bisa dijadikan oleh oleh selepas pelatihan. Cukup siapkan karyawan yang akan diikutsertakan dalam pelatihan, kemudian mengubungi lembaga tersebut, membayar biaya yang ditentukan. Selanjutnya, tinggal serahkan pelaksanaannya kepada lembaga training / pelatihan tersebut.
Namun, jangan sembarangan memilih lembaga yang menawarkan pelatihan kerja karyawan! Karena tidak semua memiliki kualifikasi yang mendukung. Setidaknya, beberapa hal yang harus dimiliki oleh sebuah lembaga training adalah sebagai berikut :
1.   Trainer yang berpengalaman
Dalam pelatihan/training, maka peran seorang trainer sangat penting sekali. Pastikan ketahui dulu siapa yang menjadi trainer dalam pelatihan kerja yang akan dilaksanakan. Jangan ragu untuk membayar mahal, jika trainer yang disediakan memang memiliki pengalaman, jam terbang dan kualifikasi yang baik, maka hasilnya pun akan baik pula.
2.   Susunan Acara
Lembaga training yang baik, harus bisa membuat susunan acara yang berkualitas, tidak monoton dan bisa membuat peserta pelatihan terus antusias selama mengikutinya. Tidak akan bermanfaat jika trainer yang dihadirkan bagus, tetapi selama mengikuti acara, para pesertanya kurang semangat. Alhasil, apa yang diinginkan perusahaan dari karyawannya seusai pelatihan tidak akan maksimal.
3.   Materi Pelatihan
Hal ini lebih penting lagi dari semuanya, yaitu materi latihan yang disampaikan. Pada dasarnya perusahaan yang menyewa lembaga pelatihan akan menyerahkan segala materi, susunan acara dan lain sebagainya kepada lembaga tersebut. Perusahaan hanya menyampaikan apa yang menjadi tujuannya sehingga mengikutsertakan karyawan-karyawannya untuk melakukan pelatihan kerja.
Itulah beberapa hal yang harus dimiliki oleh lembaga pelatihan jika kebetulan perusahaan Anda berniat untuk melaksanakan pelatihan kerja karyawan, dengan tujuan semakin baiknya kinerja dan produktivitas yang dihasilkan.

No comments:

Post a Comment

FREE DOWNLOAD APLIKASI AKUNTANSI EXCEL